Sabtu, 28 Juli 2012

ETOS KERJA 5 S


Assalamualaikum wr wb
 
Innalhamdalillah nahmaduhu wanastaginuhu wan ‘u dzubillahi min sururi anfusina wa min sayiati a’malina ma yahdillahu fala mudillalah wama yudlilhu fala hadiallah , asyhaduanla illaha ilalloh,wa asyhaduanna muhammadan abduhu wa rosulluh,’ama ba’du.

Alhamdullilahi robil ‘alamin , segala puji bagi Allah yang telah memberikan segala kenikmatanya kepada kita sehingga semua dapat bertemu kembali pada malam hari ini , serta sholawat salm semoga selalu tercurah kepa junjungan ,nabi Allah nabi muhamad SAW yang telah membawa risalah islam sehingga sampai kepada kita .Mungkin cukup ini saja  untuk mengawali kultum saya pada malam hari ini ,sebelum saya meminta maav apabila dalam kultum saya nanti ada yang kurang berkenan atau tidak bermanfaat, apabila bermanfaat silahkan diamal kan jika tidak silahkan dibuat jauh jauh tidak apa apa.
                Dalam kesempatan ini saya di sini istilahnya tidak akan menyampaikan bab puasa atau lainya,tetapi saya disini hanya sekedar sharing dan berbagi mungkin yang telah saya dapatkan. Kita semua ini laki laki ,tentu kita nanti akan menjadi seorang pemimpin ya minimal pemimpin keluarga, sedangkan untuk menjadi pemimpin yang baik itu harus adanya manajemen diri yang baik supaya yang dipimpin dapat menjadi baik… jadi apa saja sich hal yang dapat dilakukan supaya kita dapat memanagemen diri kita,saya punya tips atau kerja apa yang harus dilakukan untuk menjadi pemimpin yang baik dan sukses, yaitu kalau boleh disebut “etos kerja 5 s “
                apa sich etos kerja 5 s itu, etos kerja 5 s itu diantaranya yaitu :
                1.kerja keras,
2.kerja cerdas
3.kerja tuntas
4.kerja pantas
5.kerja ikhlas.

untuk etos kerja yang pertama adalah kerja keras .kerja keras merupakan berusaha dengan sepenuh hati dengan sekuat tenaga untuk berupaya mendapatkan keingingan pencapaian hasil yang maksimal pada umumnya. Jadi kenapa sih kita harus kerja keras, kalu dalam al qur an itu di sebutkan “fa ina ma al usri ,yusro “ yang artinya sesungguhya setelah sesulitan itu ada kemudahan . ayat itu yang mendasari kenapa kita harus berkerja keras dan pantang menyerah.selain itu pepatah arab juga menyebutkan yaitu “man jadda wa jada “ yang artinya barang siapa yang bersungguh sungguh akan mendapatkan.jadi etos kerja yang pertama ini harus ada untuk jadi seorang pemimpin yang baik .
                etos kerja yang kedua yaitu “kerja cerdas”,kerja cerdas merupakan  bekerja yang  pandai memperhitungkan resiko, mampu melihat peluang, bisa mengorganisir dan dapat mencari solusi dalam setiap kejadian atau masalah . dalam hal ini seorang pemimpin harus bisa berkerja cerdas supaya lebih baik.
Etos kerja selajutnya yang ketiga yaitu “kerja tuntas”.sebagai seorang pemimpin harus punya etos kerja tuntas ,karena kerja tuntas ini yaitu mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan selesai sepenuhnya, jadi intinya untuk dapat memanagemen diri yang baik yang perlu di tinggalkan yaitu sifat tunda menunda. Misalnya : kita sebagai pelajar byasanya guru memberikan PR atau tugas, kalian diberi 5 soal.mungkin karena malas sehingga kamu malam harinya hanya mengerjakan 4 soal , sedang yang 1 soal  kamu tunda pagi harinya. Iya kalau pagi harinya kamu mau mengerjakan kalau tidak ? .. hla maka perlunya kerja tuntas itu supaya kita tidak membudayakan sifat tunda menunda..
Etos kerja keempat yaitu “kerja pantas “ ,seorang pemimpin juga harus punya etos kerja pantas,kita disini sebagai pelajaran ya seharusnya kita menempatkan diri kita pada apa apa yang pantas dikerjakan oleh pelajar , jangan kerja yang seharusnya dilakukan hanya pantas dilakukan oleh orang orang jalanan dikerjakan oleh pelajar.kalau dalam al quran Allah berfirman “laa yaguronaka taqolubu ladi nakafaru fil bilat ,mataun kholil suma ma’wahum jahanam ,wa biksal mihad” yang artinya jangan lah kamu ikuti kebebasan orang orang kafir yang bergerak dimuka bumi, itu adalah kesenangan sementara kemudian tempat mereka adalah neraka jahanam dan neraka jaham itu adalah seburuk buruk tempat kembali. Jadi itu perlunya seorang supaya bisa dapat memanagemen diri untuk jadi pemimpin yang baik
Etos kerja yang terakhir adalah “kerja ikhlas “ ,kerja ikhlas ini sangat penting sekali karena akan mendasari kerja kerja sebelumnya,kerja keras tanpa keikhlasan akan sia sia, itulah mengapa setiap orang yang ungin sukses harus melakukan segala kerjanya dengan ke ikhlasan, tanpa keikhlasan tak akan berarti apa apa.misalnya : kalian sholat dengan rajin hanya ingin dilihat oleh para pengasuh supaya terlihat jadi orang yang sregep itu pun juga salah satu hal yang tak ikhlas..
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan apabila ada kekurangan nya saya mohon maaf sebesar besarnya ,  billahi taufik wa hidayah .wassalamualaikum wr wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar