Rabu, 04 Juli 2012

PENJARA SUCI TEMPAT BERJUANGKU


PENJARA SUCI TEMPAT BERJUANGKU
Terletak di pinggiran kota solo berbatasan dengan kabupaten sukoharjo,tepatnya di kampung semanggi yang dulu terkenal dengan tempat yang kumuh dan tempatnya preman menurut para orang orang desa di lain daerah ,memang dulu semanggi terkenal dengan banyaknya perilaku criminal yang terkadang membuat kita tercengang dan sedih bila mendengarkanya .Tapi semanggi yang sekarang berbeda dengan semanggi yang dulu  karena disemanggi sekarang telah menjadi jajaran perumahan elite yang menjujung tinggi nilai perbedaan agama dan kebudayaan.Tak heran jika sekarang semanggi menjadi salah satu kampong yang di usulkan walikota untuk diikutkan lomba tingkat provinsi dengan potensi burung labet dari warganya.
Disana berdiri sebuah bangunan hijau mungkin yang paling tinggi dari bangunan disekitarnya karena memang terdiri dari tiga lantai.Disanalah tempat aku tinggal sejak aq pertama masuk ke jenjang pendidikan SMA sampai aku kuliah di uns jurusan FKIP biologi.bangunan hijau yang sering disebut penjara suci oleh para santri disana memang ditujukan untuk tempat tinggal para murid dari luar daerah yang jaraknya jauh dari lokasi tempat berdirinya bangunan SMA .Banyak kisah kasih yang terkadang dirasa sangat lucu dan terkenang dalam hidup ku .mulai dari awal kelas satu SMA sampai sekarang aku menjadi Pembina disana.
Sejak pertama kali aku masuk kesana aku tidak tahu tempat apakah itu karena aku memang yang dulu bingung memilah sekolah yang tepat untuk ku ,apakah aku harus masuk SMA ,SMK,atau STM,tapi orang tuaku yang membawa ku ketempat itu.Pada awalnya aku adalah seorang yang paling tidak krasan tinggal disana karena memang saya tidak ingin disana ,akan tetapi setelah melihat dan kenal teman teman disana aku sedikit sedikit menjadi betah disana.pengalaman pertama kali masuk sekolah aku adalah orang yang paling kecil dari teman teman yang lainnya,dan teringat ketika aku ikut MOS waktu sma yang lain udah pada pake seragam tapi dengan tanpa rasa bersalah tidak memakai seragam karena memang seragam belum jadi masih ditempat jahitan.
Pada awal aku tinggal dipenjara suci atau asrama ini banyak sekali kenangan kenangan indah yang tak terlupakan karena aku bertemu dengan orang jauh ada juga dari luar jawa ,misalnya Palembang,medan dan aceh.Teringat ketika itu ada salah seorang teman ku memang iseng iseng bermaksud menakuti teman teman nya dengan mengunakan selimut yang yang dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk seperti pocong,waktu itu teringat waktu menujukan pukul 1 pagi yang saat itu memang waktu paling nyenyak dari tidur.aku memang orang yang menjadi sasaran pertama paling ingin ditakut takuti . ketika itu aku memang sengaj tidur malam supaya ketika aku ditakut takuti aku sudah siap,terkecuali teman ku sekamar yang belum tahu rencana usil teman teman sangat ketakutan hingga tak bisa bicara sedikitpun karena takutnya.waktu itu pula hampir semua angkatan dibangunkan karena memang keusilan teman teman diketahui Pembina dan ketika itu sangat gaduh dan akhirnya semua para pelaku keusilan dihukum . hahaha
Setelah 2 tahun berada aku mulai mengetahui karakteristik masing masing dari temanku,ketika itu teringat ada salah seorang teman ku ,dia adalah seorang yang sangat pendiam jarang sekali ngomong ,dan ketika disuruh untuk maju kedepan kelas pasti tidak mau,dia sangat terkenang bagiku karena memang dia adalah seorang yang unik sampai sampai banyak orang heran akan keunikanya.sekarang ini aku tidak tahu dimana dia berada karena tidak tahu kabar dari dia. Aku adalah sosok yang terkenal penakut karena saya tidak banyak neko neko ,setelah kelas 2 keakraban antar teman teman seangkatan mulai terjalin maka dari itu dibentuk suatu ikatan santri atau yang dikenal dengan insan angkatan 2008 . ada kenangan tersendiri dari dibentuknya ikatan tersebut ,ketika pemilihan nama insane banyak sekali usulan usulan nama dan akhirnya terpilih nama dari insane kami insane PACIFIER yang artinya insane yang membawa perdamaian .
Susah senang dilalui oleh insane pacifier ,mulai dari awal kegiatan sampai lulus kelas 3. Ketika itu aku teringat kata dari pengasuh insane pacifier bahwa nyambung akan mewariskan kefakiran  kata kata itu yang terkenang sampai sekarang . Dalam insane pacifier semua dari anggota diharapkan peduli terhadap sesama .sejak kelas 2 aku diberikan amanat untuk menjadi keamanan yang tugasnya yaitu mencatat santri santri yang terlambat ,absen dan lain lain.pengalaman yang tak terlupakan ketika menjadi keamanan adalah ketika mencatat teman teman yang dating terlambat kemasjid, karena memang susah ketika seseorang yang seharusnya telambat tapi harus tidak dicatat karena katanya sudah izin…..
Bersambung…….

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar