Selasa, 26 Agustus 2014

Buku dan Kisah Hidup Manusia




Kisah hidup seseorang itu seperti layaknya buku yang berlembar lemabar . Tiap halaman akan berisi jalan hidup seseorang . Ketika lahir kita belum tahu apa apa kita layaknya lembaran kertas putih dan kosong. Seiring berjalanya waktu sedikit demi sedikit akan tertulisi dengan tinta perak berupa kasih sayang orang tua . Tinta tinta perak akan tertuliskan di lembar pertama kita .

Ketika kita beranjak remaja mulailah tinta tinta lain akan tertulis dalam lembar kehidupan manusia . Tinta tinta pembawa sejarah akan tertoreh didalam kertas kertas didalamnya. Seperti sebuah buku banyak sekali aspek aspek yang ada didalam buku mulai dari secara fisik buku sendiri atau isi buku nya. Manusia sebagai salah satu mahluk tuhan memiliki hak untuk memperoleh 1 buku untuk ditulisi. semua manusia tercipta dengan sebuah buku yang sama,baru mulailah ketika lahir buku buku itu mau dibuat seperti apa dan di hias seperti apa.

Sekarang kita bahas satu per satu dari aspek fisik buku

- Cover atau sampul buku merupakan awal yang pertama dalam sebuah buku . Cover akan menjadi gambaran apa yang ada di dalam buku tersebut. gambar atau tulisan yang berada didalam cover itu akan menggambarkan isi dari buku tersebut. Cover disini di ibaratkan penampilan luar dari seseorang yang dapat terlihat mata. Cover seringkali dapat menggambarkan seseorang tetapi terkadang juga dapat menipu . Cover bagus belum tentu punya isi yang baik,begitu sebaliknya.Tetapi tidak mutlak seperti itu cover bagus juga bagus pula isinya. Jadi inilah salah satu aspek dari manusia terlihat dari covernya. Seorang punya cover yang baik akan menggambarkan yang baik tetapi tidak mutlak.

-setelah cover ada beberapa halaman awal dari buku yang itu merupakan suatu pengantar yang diberikan yang nanti menuliskan isi didalamnya. halaman awal ini di ibaratkan dari bekal seseorang yang diberikan oleh orang tua berupa sifat yang baik dan karakter yang baik ,serta daftar yang diharaapkan bisa menjadi indikator isi buku didalamnya.

-setelah halaman awal terdapat isi buku . Nah isi buku inilah yang menjadi apa yang menjadi roh didalam buku. kalau di ibaratkan dari kehidupan manusia isi buku ini merupakan perbuatan yang dilakukan manusia ketika hidup. perbuatan yang baik akan dilandasi oleh sikap yang baik.
Nah sekarang tinta ituu ibarat sebuah sikap manusia tinta yang baik akan menggambarkan sikap yang baik.Setiap manusia berhak memilih tintanya sendiri .Ada beberapa tinta yaitu berupa tinta emas ,tinta biasa ,tinta hitam,tinta darah. Tinta tinta diatas menggambarkan sikap manusia.Setiap manusia memilih dengan kemampuan sendiri ada yang memilih tinta emas dimana setiap langkahnya selalu diiringi perilaku yang baik dan selalu indah dan nyaman karena berlandaskan Alqur an dan sunnah ,tinta emas hanya akan didapatkan oleh seorang yang taat dan beriman pada Allah SWT.
Yang kedua tinta biasa yang menggambarkan sikap manusia yang biasa biasa saja ,artinya segala sesuatu hanya ikut ikutan , artinya seseorang yang seperti ini perbuatanya hari ke hari tidak ada progres peningkatan dari segala aspek mulai dari ibadahnya,perbuatanya,dll. Tinta yang ketiga yaitu tinta hitam ,tinta hitam menggambarkan sikap manusia yang lebih banyak kejelekannya daripada perbuatan baik.dan yang terakhir adalah tinta darah dimana setiap langkah nya selalu di iringi oleh kemaksiatan dan perbuatan dosa. dan orang yang seperti ini akan celaka selama lamanya.
Jadi,pilihlah tinta tintamu sendiri,apakah kamu memilih tinta emas atau tinta darah .itu pilihan tinta emas akan berat untuk mendapatkannya dan tinta lain akan mudah didaapatkan dan menyenangkan.silahkan direnungkan.

- Tinta tinta kehidupan sudah tertuliskan didalam kertas sekarang untuk mempercantik buku biasanya diberi hiasan hiasan buku . hiasan hiasan ini ibarat ibadah kita sehari hari berupa ibadah sunnah . semakin banyak amalan sunnah yang kita lakukan semakin indah buku kita, buku dengan hiasan bintang ,bulan dan lainya itu ibarat macam ibadah sunnahnya.
Hiasan lainnya yaitu berupa frame dari buku untuk memperkuat buku dan memperindah.Frame disini digambarkan seperti akhlak seseorang ,apakah framenya bagus atau tidak itu juga pilihan manusia untuk bukunya.

-Setelah semua aspek dalam buku telah ada sekarang kita bahas terkait jenis atau genre buku. jenis buku ini di ibaratkan pemahaman seseorang . Misalkan buku buku novel itu banyak macamnya tapi tetap sama sama disebut novel. Sama juga manusia islam ada banyak pemahaman tetapi mereka juga tetap sama sama islam yang berlandaskan al qur an da as sunnah.Novel pun juga banyak macamnya juga ada yang novel horor itu seperti seseorang dengan aliran yang keras dalam hal ini dia tetap islam, ada novel romance seperti golongan dengan pemahaman yang lembut.itu semua cuma perbedaan pemahaman dan segala keputusan perlu dihormati. Karena Allah tahu apa yang ada dihati manusia.

-baru yang terakhir buku tersebut diletakkan di urutan rak yang mana , apakah masuk ke rak yang sekumpulan buku buku yang bermanfaat . atau buku buku yang tidak bermanfaat misal majalah majalah dewasa. Nah kumpulan buku dalam rak ini ibarat teman teman dekatnya dengan siapa. Slah satu indikator bahwa perilaku seseorang dapat terlihat dari siapa teman teman dekatnya.pepatah jawa juga menyebutkan kalau "Ojo cedak kebo gupak" dan"orang yang berteman dengan penjual minyak wangi akan mendapatkan bau wanginya juga,tetapi orang yang berteman dengan pandai besi akan mendapatkan bau sangitnya" begitulah gambaranya dimana letak buku itu berada.

Beberapa singkronisasi dari buku dengan perilaku manusia pesannya " Tulislah buku kehidupanmu dengan tinta emas,hiasilah dengan hiasan yang indah,masukkan kedalam frame yang baik dan kumpulkan kepada macam buku buku yang bermanfaat ,niscaya kamu akan buku yang selalu dibaca dan best seller"

By : Wakhid Nak Sholeh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar