Selasa, 16 Desember 2014

GURU = AYAM BETINA, Sama sama pengen telur (siswa) menetas dengan baik.



Selamat pagi sahabat kawulo muslim semuanya ,mulai nulis lagi ah. Sudah lama ndak posting.Gmana kabar kalian gaes? kuharap selalu dalam nikmat dan naungannya ya. hehe.Ok gaes sekarang admin akan menuliskan sedikit yang menurut kalian tidak penting tapi menurut saya penting bagi seorang calon guru.

Guru merupakan seorang yang harusnya DIGUGU lan DITIRU katanya.Katanya juga guru juga termasuk oahlawan tanpa jasa. bisa dikatakan benar bisa dikatakan setengah juga. kenapa saya katakan setengah karena ya sekarang kita lihat realita guru sekarang.ya saya percaya 100 % semua guru diindonesia punya cita cita yang mulia dalam memajukan kemajuan bangsa paling hanya beberapa yang tidak.

Entah percaya atau tidak gaes seorang guru itu adalah pahlawan hlo gaes kalo mau bekerja sungguh sungguh dari hati. Coba bayangkan kalo misalnya gak ada guru dokter apa ada, sarjana apa ada, setiap saatpun kita sebagai guru minimal bagi diri kita sendiri . Guru tak hanya mengisi gelas kosong tapi menyalakan api pikiranya ,kata orang. Ya ada benarnya juga gaes ,menyalakan bakat dan kemampuananya akan lebih penting karena kita tidak menciptakan keledai keledai pendidikan.

Kutipan dari film " 3 IDiot" rancho pernah mengatakan bahwa "kejarlah kesempurnaan,maka segalanya akan kamu dapatkan " ya begitulah gaes.Kalau seorang guru memiliki karakter yang bagus ya bagus pula muridnya . Guru oh guru kau bekerja dengan sepenuh hati tapi menjadi buli bulian pemerintah lagi. sabar ya gaes.Ya yang terpenting bagi seorang guru sekarang bekerja dengan semaksimalnya .

Tahu ndak gaes ,kalau guru itu kalau dipikirkan seperti Ayam sedang mengerami anaknya hlo. Coba dipikirkan misalnya kalo ayam itu mengerami telurnya tak akan pernah kemana mana kan gaes ayamnya.Ya seharusnya seperti itu gaes. Kenapa saya katakan seperti itu karena nek misal sering ditinggalkan telur akan kemlekeren (tidak menetas. haha. ya ibarat menetaskan telur lah gaes).Kalo misalnya ayam mengerami telurnya 10 telur ya harapannya semuanya menetas dengan baik maka apa yang diperbuat oleh ayam ? ayam akan membolak balik telur supaya tetap hangat dan bahkan tidak meninggalkan kandangnya walaupun ada sang jantan yang gagah,bahkan kalo jantan mendekat justru ayam akan marah.

Perupamaan diatas dapat kita analogikan pada kehidupan guru gaes. Telur itu ibarat siswa siswa kita dikelas gaes ,kita misal punya siswa 40 dikelas maka harapanya semua bisa menetas atau baik semua. yang perlu dijaga ya telur bagian pinggir jangan sampai kurang perlakuan, juga halnya dengan siswa kita , yang kita harus selalu menjaga siswa siswa kita yang spesial supaya berkembang baik.Maka apa yang harus dilakukan gaes , ya selalu membimbingnya gaes terus menjaganya dari pengaruh pengaruh luar yang datang gaes . Ya begitulah gaes sedikit analoginya dari saya .

Ya nasehatnya untuk seluruh guru dan calon guru semuanya saja di indonesia :
"Jika kita niatkan ibadah sambil kerja, bukan kerja sambil ibadah maka Allah akan membuka jalan keluar untuk masalah-masalah dalam hidup kita"



Semoga bermanfaat gaes , Salam guru indonesia.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar